Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ketumbar

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ketumbar

Ketumbar adalah salah satu tanaman rempah yang sering di gunakan sebagai bumbu masakan berbentuk mirip dengan lada.

Walaupun mirip, lada dan ketumbar ini dapat di bedakan dari bentuk fisik yang mana ketumbar lebih empuk ketika di tekan sedangkan lada atau merica keras ketika masih berbentuk butiran.

Tapi ketika ketumbar dan merica di haluskan, warnanya mirip dan memiliki bentuk sama, maka cas membedakan adalah dengan mencium baunya, tercium aroma segar pada ketumbar dan tercium bau agak pedas pada merica.

Tanaman ketumbar bisa tumbuh di daratan rendah hingga dataran tinggi sekitar 2000 mpdl. Pada umumnya tanaman ini panen ketika usianya sudah 3 bulan, kemudian di jemur dan di pisah dari buahnya.

Ketumbar sendiri memiliki banyak kandungan seperti mineral, minyak atsiri dan vitamin, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai penguat organ pencernaan misalnya selain sebagai bumbu masakan.

Tanaman kembar memang berasal dari Eropa Selatan dan daerah sekitar Laut Kaspia, tetapi banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan.

Tanaman ini termasuk jenis tanaman semak semusim yang bentuknya herba / terna. Daun yang dimiliki ketumbar memiliki rasa yang beda dengan bijinya yaitu seperti rasa citrus, tapi ada juga yang mengatakan rasanya tidak enak seperti sabun, baunya menyengat, sehingga banyak dari mereka yang menghindarinya.

Di Thailand daun ketumbar ini yang mirip dengan daun seledri sering kali di iris tipis – tipis sebagai taburan masakan misalnya Salad dan sup khas Thailand.

Klasifikasi tanaman ketumbar

Dalam ilmu agrotek, klasifikasi makhluk hidup adalah untuk Mempermudah mengenalinya, mempelajarinya dan membandingkannya. Berikut ini adalah tabel klasifikasi tanaman ketumbar :

Kingdom (dunia / kerajaan) Plantae (tumbuhan)
Sub Kingdom Tracheobionta (tumbuhan berpembuluh)
Super divisi Spermatophyta (menghasilkan biji)
Divisio (pembagian) Magnoliophyta (tumbuhan berbunga)
Classis (kelas) Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub kelas Rosidae
Ordo (bangsa) Apiales
Familia (suku) Apiaceae
Genus (marga) Coriandrum
Spesies (jenis) Coriandrum sativum L.

Morfologi tanaman ketumbar

Tanaman ketumbar tumbuh terdiri dari batang, daun, bunga, akar, buah dan biji untuk menghasilkan. Berikut ini penjelasannya :

1. Batang

Tanaman ketumbar memiliki batang yang tidak berkayu tapi beralur dan penampangnya berlubang.

Percabangan pada batang ketumbar adalah dikotom dan akan berbau wangi ketika batang tersebut kondisinya memar. Daun berwarna hijau.

2. Daun

Tanaman umbar memiliki daun majemuk bentuknya seperti payung bersusun, di tepi daun tersebut bergerigi dan memiliki warna putih dan merah muda. Daun – daun ketumbar menyirip.

3. Bunga

Bunga pada tanaman ketumbar termasuk pada bunga majemuk yang memiliki bentuk seperti payung. Bunga tersebut memiliki tangkai berukuran 2 – 10 cm dan memiliki daun pembalut berukuran kecil.

Bunganya memiliki mahkota berwarna merah muda atau merah pucat, ukuran panjang bunga sekitar 3 – 4 mm. Ada sebagian bunga yang telah mekar dan gugur.

4. Buah dan biji

Ketika buah tanaman ketumbar sudah tua akan berubah warna menjadi cokelat muda dan memiliki bentuk bulat yang warnanya hijau.

Buah yang dihasilkan memiliki panjang sekitar 4 – 5 mm dan ketika sudah matang, buah tersebut akan sangat mudah untuk di rontokkan.

5. Akar

Tanaman ketumbar memiliki jenis akar tunggang berbentuk bulat, bercabang dan memiliki warna putih untuk memenuhi nutrisinya.

Nama lain ketumbar pada beberapa negara :

  • Phak Chee pada Thailand
  • Cilanyto pada Amerika latin
  • Hu Sui, Xiang cai dan Yuan Sui pada China

Demikianlah yang bisa saya sampaikan mengenai Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ketumbar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan